Setiap orang tua adalah orang tua terbaik bagi anak di dalam suatu keluarga

Setiap orang tua adalah orang tua terbaik bagi anak di dalam suatu keluarga .
Setiap orang tua dan keluarga di dalamnya sempurna sesuai kapasitas masing-masing, tidak bisa saling membandingkan antara satu keluarga dengan keluarga lain. Setiap keluarga memiliki ciri khas masing-masing dalam berkomunikasi dan berinteraksi.
Ketika sudah tercipta komunikasi yang tepat antar anggota keluarga, maka situasi dan kondisi di rumah tidak lagi memerlukan pemaksaan kehendak dalam mencapai tujuan dalam keluarga.
Bagaimana menciptakan komunikasi dan interaksi yang sempurna sesuai kapasitas masing-masing dan menjadi ciri khas suatu keluarga?

Misal ketika Ibu memberikan peraturan pada Kakak yang kelas 4 SD supaya mau bertanggung jawab terhadap barang-barang yang dimilikinya. Ternyata peraturan yang dibuat tersebut tanpa sengaja diucapkan dengan nada memerintah karena kondisi terburu-buru, kebetulan Kakak memiliki gaya belajar Kinesthetic dan Visual, ya otomatis indra yang lebih responsif berada pada respon motorik (Kinesthetic) dan pengamatan (Visual), sehingga Kakak perlu energi lebih untuk merespon instruksi yang hanya berupa nada suara. Ditunjang sifat Kakak yang lebih mengutamakan unsur perasaan sehingga ketika merespon informasi tentu diserap oleh perasaan terlebih dahulu, sehingga ketika informasi/instruksi tidak sesuai dengan kondisi perasaan Kakak saat itu, maka tidak maksimal dan optimal penerapan informasi/instruksi tersebut.

Salah satu fungsi dari analisa sidik jari adalah mengetahui lebih dalam mengenai sifat dasar secara genetik masing-masing anggota keluarga sehingga dapat terjadi pengertian yang lebih mendalam antar anggota keluarga. Pengertian yang mendalam ini akan menciptakan situasi dan kondisi komunikasi yang saling membangun. Setiap anggota keluarga akan saling menciptakan komunikasi yang saling membangun dan memotivasi sesuai karakter, sifat, area bakat dan gaya belajar masing-masing.

Pada akhirnya, bukan sekadar bakat yang dilihat dari analisa sidik jari. Area bakat yang sudah dimiliki akan muncul secara optimal dan maksimal jika membangkitkan motivasi dalam diri seseorang sesuai area gaya belajar dan sifat. Ketika komunikasi sesuai dengan area sifat, karakter dan gaya belajar sesorang, diharapkan muncul situasi dan kondisi rileks dalam diri seseorang dan semakin optimallah peraihan hasil pada area bakatnya.

Semoga :)

12 Agurtus 2011
Salam,
Elsa Herdi
Cabang Psychobiometric Data Solusindo

Comments

Popular posts from this blog

Mengetahui Potensi Bakat dan Kecerdasan Anak anda