Monday, 18 September 2017

Konsumen Seperti Apa Yang Anda Hadapi?

[Closing dengan cara analisa sidik jari]
.
.
.
[Spesial Untuk Online Shopper]
.
.
.
Berkaitan dengan follow up komunikasi yang dilakukan melalui chat WA, messenger, webchat, BBM, dll, saya coba berbagi dengan keilmuan yang saya pelajari selama ini yaitu Analisa Sidik Jari.
.
Pada dasarnya tiap orang punya keunikan tersendiri, dalam tingkah laku maupun komunikasi.
.
Kali ini saya akan coba hubungkan bagaimana closing dengan cara mengenal karakter calon pembeli, dan membuat calon pembeli menjadi membeli produk kita / closing .dengan metode analisa sidik jari....
.
================================================
‌Tipe sidik jari arch/brain stem
.
Biasanya bila komunikasi whatsapp, konsumen dengan tipe ini terlihat ketika menanyakan hal tentang produk kita biasanya yang di tanyakan keamanan dalam bertransaksi, dikirim dari mana? Ada toko offline atau ngga? Bisa bayar ditempat atau tidak? Barang sampai dulu baru bayar?
.
Tips menangani konsumen dengan tipe di atas, yang pertama kita lakukan bagaimana membangun "trust" / kepercayaan terlebih dahulu kepada konsumen tipe ini, cth bisa kita beritahu alamat pengiriman, kirim foto asli produk kita, karena bila konsumen sudah yakin dan percaya akan produk yg ditawarkan, maka konsumen tipe ini akan loyal ,karena konsumen tipe ini termasuk tipe yang loyal, apabila dia sudah "trust" terhadap kita
.
================================================
‌Tipe sidik jari loop/limbic system
.
Cara berkomunikasi tipe sidik jari loop, pertanyaannya biasanya di awali dengan kata "maaf."
Contoh "maaf, ada warna biru?"
"Maaf boleh tahu harganya?" 
Atau dibumbui dengan emoticon  
.
Tips menangani konsumen dengan tipe ini, yang pertama kita lakukan yaitu bagaimana membuat konsumen tipe ini nyaman terhadap kita, karena tipe konsumen seperti ini butuh kenyamanan dalam berkomunikasi/bertransaksi dan sentuh perasaannya atau "rasa" nya .
Bila konsumen sudah nyaman maka konsumen akan mengikuti (follow) yg kita arahkan, karena tipe ini merupakan tipe follower.
.
==============================================
‌Tipe sidik jari double loop
.
Biasanya cara berkomunikasi tipe ini, terlihat konsumen bertanya dengan detil atau jelas dari a-z mengenai produk kita, 
Dan kadang sedikit memberikan kita advice/saran.
.
Tips menangani konsumen dengan tipe ini, hal pertama yang kita lakukan , produk yang kita tawarkan harus dijelaskan se-jelas-jelasnya / detail sampai konsumen "ngeh" atau ngerti cara transaksi, cara penggunaan produk atau lainnya.
Karena tipe double loop butuh kejelasan dari kita. Bila sudah jelas ,biasanya closing 
.
===============================================
‌Tipe sidik jari whorl / neo cortex
.
Biasanya cara berkomunikasi tipe ini, terlihat dari kalimat-kalimat yang to the point, menanyakan harga, lokasi, no rek dan biasanya ada perhitungan-perhitungan. Contoh "harga berapa?" "Ada discount berapa?" 
..
Tips menangani konsumen tipe ini, hal pertama yang kita lakukan yaitu menjawab pertanyaannya dengan jelas dan tidak perlu ada basa basi atau kalimat yang tidak "to the point", konsumen tipe ini perlu kita hargai/puji dengan kalimat yang membuat konsumen merasa dihargai.
.
.
.
itu aja sharing kali ini semoga bermanfaat 
penasaran ? ingin tahu lebih lanjut?
.
silahkan like fanpage https://www.facebook.com/EssentialManajemen/
Atau klik 
www.testsidikjari.blogspot.com 
www.testsidikjaribakat.com
.
.
.
#closing #jangankasihkendor #analisasidikjari #sekedarsharing

No comments: